Tutorial Render Outdoor Malam menggunakan V-ray Sketchup (Manual V-Ray Option Setting)

mykymiki.wordpress.com –Pada kesempatan kali ini, mohon maaf bukannya mau pamer, karena dari kemarin-kemarin mbak mimin sering ditanya-tanya netijen soal jodoh  gambar-gambar yang mbak mimin posting di instagram.

“Ini render nya pakai apa ya ?”

“Gimana sih settingan nya biar hasil render bisa kayak gitu ?”

“Kok aku nyoba pakai vray kayak gitu nggak bisa realistis kayak gini ?”

 

 

Jadi agak bingung sebenernya. Padahal ini tuh nggak realistis-realistis banget loh

1

Padahal, jawaban dari semua pertanyaan tersebut hanya satu. Yaitu cukuplah sodara-sodara sekalian mandi kembang bersabar dengan mengharap petunjuk dari Yang Maha Kuasa dan jangan berhenti mencoba.

Karena saya masih baru-baru ini belajar render, kira-kira kurang lebih 10 tahun satu tahun lamanya. Jadi, mungkin tutorial kali ini paling cocok untuk para pemula yang nggak terlalu suka ribet les atau baca-baca buku. Habis biasanya suka dilama-lamain sih.

Yaudah langsung saja. Mari disimak baik-baik. Berikut 2 software yang saya gunakan mulai dari mendesain/ merancang sampai melakukan visualisasi gambar arsitektur :

1. Google Sketch up

1

Pada intinya, fungsi utama google Sketch up adalah sebagai aplikasi/software yang digunakan untuk membuat gambar grafis 3 dimensi. Alasan mengapa saya lebih memilih sketch up dibanding software lainnya adalah, karena lebih fleksibel dan mudah dalam segi penggunaannya (Dibandingkan jika kita mau membuat 3D model menggunakan software seperti 3D Max dan Auto cad, sketchup jauh lebih mudah digunakan terutama untuk pemula).

Lihat: Langkah menggunakan Google Skechup bagi pemula

2

“Ini render nya pakai apa ya ?”

2. V-ray Plugin

2

Untuk merender gambar 3D nya, saya memasang plug in  vray pada sketch up. Fungsi nya adalah, agar gambar 3D (berupa susunan garis dan bidang yang masih terlihat pada material di objek) menjadi realistis atau minimal mendekati nyata.

Berikut adalah hal-hal yang saya persiapkan sebelum saya melakukan proses rendering di v-ray dan menghasilkan view dengan hasil  seperti pada gambar :

  • Pastikan spesifikasi laptop/PC sesuai. Kalian bisa googling sendiri tentang spesifikasi komputer standar untuk 3D & gaming.  Saya pakai laptop core i3 dengan RAM 8. Ini masih standar banget. Kalau sabar, insyaAllah berhasil sampai finish asal mau belajar dan mencoba ya.
  • Aplikasikan vismat material pada setiap objek yang dibuat di sketch up. Ini adalah poin yang paling penting untuk menghasilkan gambar yang realistis. Kalau bisa, tidak ada satupun objek yang tidak di edit material nya.

CARA IMPORT MATERIAL :

Klik tombol yang ada di deretan pintasan icon di v-ray. Tempatnya biasanya sejajar sama icon di  toolbar sketch up.

Klik kanan pada nama material yang ingin diberi vismat.

Pilih import material

“Saya belum punya vismat yang pas untuk ditambahkan ke material objek. Gimana dong ?”

Tidak perlu bingung. Karena dengan kamu googling sudah banyak kok website yang menyediakan vismat untuk di download secara gratis.

“Saya udah googling dan tidak ada vismat yang pas untuk di aplikasikan ke material gambar saya”

Sering banget nih saya menghadapi persoalan yang seperti ini. Solusinya :

  1. Cari gambar (bisa dari foto atau tekstur material yang di download gratis di website tertentu). Salah satunya adalah disni.
  2. Masukkan material melalui sketch up texture, dan sesuaikan dimensi material.
  3. Klik tombol M dan buka v-ray material editor, klik kanan pada nama material/ tekstur.
  4. Pilih Create Layer dan tambahkan beberapa layer yang dikehendaki. (Emmisive, Reflection, Diffuse, Refraction dll)Sesuaikan layer sesuai dengan selera dan kebutuhan material. Lagi-lagi bisa googling gaya pengaturan yang disuka.

3

baca juga : tutorial menambahkan layer reflection material glossy v-ray sketchup

 

  • Atur Lighting. Pencahayaan yang paling umum saya gunakan pada rancangan ini adalah rectangle & Omni light. Intesitas maupun warna lampu nya bisa disesuaikan dengan cara klik kanan pada lighting yang sudah dimasukkan ke lampu atau spot tertentu, lalu pilih V-Ray for sketchup lalu edit light. 

tutorial vray

  • V-Ray Option. Karena memang gambar ini saya setting saat baru-barunya saya belajar render, V-Ray option yang saya gunakan pada gambar ini (kebanyakan default) antara lain adalah :

456

Salah satu sumber (teman mbak mimin) pernah curhat mengatakan tentang hal ini kepada saya, bahwasanya :

“Basically, setting v-ray option itu hampir sama kayak kalau kita lagi mau setting kamera”

Jadi kalau biasa menggunakan kamera di kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sudah bisa setting v-ray option untuk menghasilkan kualitas yang dikehendaki.

7

CARA SETTING LANGIT MENGGUNAKAN HDRI

Klik M baik itu pada GI maupun Reflection di Environment,  pilih Text Bitmap lalu  masukkan latar belakang gambar HDRI :

30_sunset on river background
Source : Google | HDRI 30_sunset on river background.jpg

 

HDRI untuk Skylight & Reflection bisa dari gambar apapun. Disini saya pilih nuansa sunset/ gelap karena saya ingin menonjolkan lighting yang maksimal pada rancangan desain.

8
Output ukuran gambar bisa di atur sesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar ukuran yang dipilih, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merender nya.
9
Hampir semuanya masih default dan tidak banyak perubahan yang berarti

1011

  • ‘Kalau bisa’ tidak sedang membuka software atau aplikasi apapun saat sedang me- render. Tujuannya adalah, agar proses render tidak terhambat dan sketch up nya nggak nge bug splat ya. Bukan berarti tidak bisa membuka software lain nya saat sedang me- render loh ya.
  • Klik RENDER atau simbol pada toolbar V-Ray dan tunggu proses nya selesai.

13

  • NB : Tidak lupa membaca bismillah sebelum memulai semuanya 🙂

 

Selamat mencoba!

Sekian dari saya,

Kalau ada yang mau tanya-tanya, bisa langsung tulis di kolom komentar atau DM di twitter & instagram. Mau kirim-kirim salam nggak bisa karena mbak mimin bukan nya lagi nge DJ di radio 😀 Mohon tidak ada netijen yang saling menyudutkan, menghina, apalagi sampai berantem di kolom komentar.

 

with love,

miky

Advertisements

One thought on “Tutorial Render Outdoor Malam menggunakan V-ray Sketchup (Manual V-Ray Option Setting)”

  1. WUAH HASILNYA , SETELAH DICOBA
    TERIMAKASIH KAK MIKI ATAS PETUNJUKNYA
    TAK TERNILAI HARGANYA
    HANYA PAHALA YANG DAPAT MEMBALASNYA

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.